Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Mukena di Indonesia



Mukena adalah produk budaya khas Indonesia, konon merupakan hasil adaptasi yang dilakukan oleh para wali zaman dahulu. Ketika itu cara berbusana perempuan Indonesia adalah mengenakan kemben yang memperlihatkan dada bagian atas hingga kepala, untuk menyesuaikan dengan cara berbusana Islam maka dibuatlah mukena yang sederhana akan tetapi bisa mentupi seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan.

Pemakaian mukena/rukuh/telekung saat sholat ternyata hanya ditemukan di kawasan Asia Tenggara saja. Terutama Indonesia dan Malaysia dan Singapura. Kata mukena sendiri sampai saat ini belum diketahui diambil dari bahasa apa. Muslimah dari Negara lain saat sholat, mereka tidak memakai pakaian yang dinamakan mukena/rukuh/telekung seperti kita. Mereka menggunakan baju rapih, panjang yang menutup tubuh kecuali wajah dan telapak tangan saja.

Muslimah Indonesia dan Malaysia menggunakan mukena karena zaman dulu belum ada orang yang pakai jilbab atau hijab seperti saat ini.

Sehingga ketika perintah sholat datang, maka konotasi salah satu syarat sahnya sholat bagi wanita adalah menggunakan pakaian yang menutupi aurat dan hanya terlihat wajah dan telapak tangan saja. Maka muslimah Indonesia menggunakan kain panjang tanpa jahitan yang dililitkan sedemikian rupa di Wajahnya, lalu teruntai di sekujur tubuhnya. Mukena ini untuk menutupi aurat ketika sholat.

Pelan kemudian, mukena mengalami evolusi besar. Yang semula adalah kain panjang tanpa jahitan kini berubah menjadi dijahit seperti yang kita lihat sekarang ini.

Sejak 2009, MUKENA DISTRO memproduksi berbagai Model, Motif dan ukuran Mukena. Sebagai Produsen Mukena kami menjadi Supplier Mukena untuk Toko Busana Muslim di Yogyakarta hingga pedangang di Pasar Bringharjo dan sekitarnya.

Kini Produksi Mukena kami fokuskan untuk melayani pembelian secara Online, baik untuk Eceran Mukena, Partai Besar dan Kecil, Grosir Mukena, Kulakan Mukena, Agen Mukena, Reseller Mukena hingga Dropshipper Mukena.

Hubungi kami di :
BBM : 75C54358,
Mentari : 081 578 045 670,
Simpati : 081 325 99 8750
www.mukenadistro.com dan
www.mukenavip.com


============
Artikel Sejarah Mukena ini dibuat pada tanggal : 14 Juli 2014
Oleh : Mukena Distro
5 - 88

Posting Komentar untuk "Sejarah Mukena di Indonesia"